Teknologi Instalasi Pengelolaan Limbah Tinja Manusia

Limbah tinja mendengar namanya saja orang sudak enek jijik bahkan ada yang mual-mual sampai tidak selera makan, Padahal setiap makhluk hidup pasti buang air besar jika tidak pernah ya mungkin bukan makhluk hidup. Bagi orang yang tidak biasa pasti tidak akan repot-repot hanya untuk memikirkan limbah tersebut padahal setiap kita harus tau loh manfaat pengelolaan limbah tinja manusia agar kita dapat menjaga lingkungan baik dirumah sendiri atau lingkungan sekitarnya karena nantinya akan sangat berhubungan.

Sebelum kita membahas lebih jauh mungkin anda pernah mendengar kata sanitasi bahkan ada lsm atau organisasi yang memperjuangkan hak-hak masyarakat pinggiran dan kumuh untuk mendapatkan sanitasi yang baik dari pemerintah setempat.

Dikutip dari Wikipedia.org Sanitasi adalah perilaku disengaja dalam pembudayaan hidup bersih dengan maksud mencegah manusia bersentuhan langsung dengan kotoran dan bahan buangan berbahaya lainnya dengan harapan usaha ini akan menjaga dan meningkatkan kesehatan manusia.
Sehingga sanitasi yang baik akan bermanfaat bagi kehidupan dan lingkungan sekitar.

instalasi pengelolaan limbah tinja manusia

Alur Pengelolaan limbah tinja manusia

Pada dasarnya, perlengkapan sanitasi dapat dibagi menjadi tiga bagian:
  1. Alat penerima air buangan, terdiri dari kamar mandi, WC, bak dapur, tempat cuci, talang air hujan.
  2. Saluran pembuangan seperti dari pipa tanah atau pipa beton
  3. Tempat pembuangan seperti riol kota, sungai atau peresapan buatan.
Untuk yang no 1 biasa disebut dengan Limbah cair domestik yang berhubungan dengan kite sehari-hari
Jika ada sungai di kota dekat kamu tinggal atau saluran air limbah yang tersedia maka limbah cair domestic dapat dialirkan langsung menuju sungai terdekan tau saluran tadi.
Namun untuk limbah tinja kita harus mempunyai saluran pembuangan sendiri karena akan membahayakan kesehatan dan pastinya lingkungan sekitar daerah aliran sungai (das).
Intalasi pembuangan yang limbah tinja menggunakan bak pembuangan air limbah atau yang bias akita sebut dengan septi tank.
Berikut adalah ketentuan yang digunakan untuk instalasi air limbah atau septitank:

  1. Pembuatan septitank harus disesuaikan dengan penghuni rumah, jika penghuninya banyak atau lebih dari 4 orang maka kapsitas septitank harus menyesuaikan agar daya tamping dan resapan berimbang.
  2. Cara kerja septitank adalah menampung buangan air limbah tinja yang kemudian didalamnya tedapat bakteri penghancur sehingga sirkulasi udara didalam septitan harus baik dan septitan harus mempunya lubang udara untuk menjaga keberlangsungan hidup bakteri tersebut.
  3. Jika andan mempunyai sumur gali atau sumur resapan maka jarak antara septitank dengan sumur tersebut sekitar 10 M hal ini sangat penting agar menjaga kualitas air sumur kita terjaga dan tidak bercampur dengan air resapan septitank, dan yang tidak kalah penting adalah melihat sumur tetangga jangan dijauhkan dari sumur kita tapi mendekati sumur tetangga karena akan mencemari dan bisa mengganggu tetangga kita.
Jika anda membutuhkan tenaga ahli untuk pembuatan sumur bor atau septitank kami siap membantu dengan harga kompetitif, dengan tenaga ahli yang sudah terbiasa dengan pekerjaan tersebut dan sudah d training  untuk membuat saluran pembuangan air yang baik dan benar.

Baca Juga : Desain kamar mandi yang baik menurut islam


Tata cara diatas adalah umum untuk digunakan bagi rumah individu atau pribadi, instalasi limbah tinja untuk skala komersil maupun industri seperti hotel, mall atau rumak sakit harus menggunakan teknologi yang lebih baik lagi karena daya tamping dan kapasitas yang dibutuhkan lebih besar.Anda harus berkonsultasi kepada ahli atau dapat berkonsultasi dengan kami dengan datan ke kantor PT Lancar Jaya untuk melakukan pembuatan pembuangan limbah akhir sesuai dengan ketentuan dinas kesehatan dan dinas PU.

Tujuan akhir dari pengelolaan limbah tinja.

Anda pasti pernah bertanya kemakah limbah tinja yang sudah diambil tadi
Apakah langsung dibuang tempat lain ?
Atau digunakan pemanfaatan lainnya?
Pada dasarnya limbah tinja dapat dimanfaatkan untuk pupuk tanaman dan biogas sehingga limbah tinja tidajk langsung dibuang begitu saja setelah di sedot oleh Jasasedot wc yang anda panggil.

Jadi mobil-mobil sedot tinja yang biasa kita lihat setelah mereka menyelesaikan tugasnya maka limbat tadi akan dibawa ketempat penampungan khusus yang nantinya akan dijadikan pupuk untuk tanaman.

Setelah membaca artikel diatas semoga dapat membantu anda dan mendapat wawasan baru mengenai Teknologi instalasi pengelolaan limbah tinja manusia bagi yang sudah tau untuk sam-sama menjaga lingkungan kita.

Artikel Terkait

First