Mengenal septic tank biotech yang ramah lingkungan

Septic tank biotech ada yang penah dengar atau sudah tau ?. atau lebih familiar dengan septic tank biofilter.septic tank jenis ini biasanya digunakan untuk medis, industry dan sekarang sudah banyak penggunaannya untuk rumah tangga. Septic tank biotech yang ramah lingkungan biasanya menggunakan bahan fiber juga ramah lingkungan karena teknologi penyaringannya .

Septic tank biotech biasanya lebih dipilih oleh para pengembang karena kepraktisannya dalam penggunanaan dan minim perawatan.
Sebelum lebih jauh kita membahas septic tank biotech dan cara kerjanya kita bandingkan dulu dengan septic tank konvensional.

Septic tank konvensional


: ini adalah septic tank dengan bentuk konvesional  yang tidak memiliki penyaringan yang baik dah air yang mengantung bakteri langsung di buang ketanah sehingga akan sangat berdampak buruk bagi lingkungan sekitarnya 

Dibeberapa artikel sebelumnya kami sudah membahas tentang septic tank konvesional, selain agar ribet cara pembuatan dengan semen membutuhkan waktu untuk menunggu kering baru bisa digiunakan.

Sebenarnya septictank konvensional sudah tidak direkomendasikan lagi karena banyak mencemari lingkungan terutamah diwilayah perkotaan yang jarak antara rumah cenderung rapat dan padat, septic tank ini mencemari lingkungan karena air kotoran pembuangan (air + tinja ) dapat meresap kedalam tanah dan mencemari sumber air bersih karena septic tank konvesional tidak mempunyai daya penyaringan (filterisasi) yang baik sehingga  sangat dimungkinkan mencemari lingkungan sekitar.

bentuk septic tank yang seperti ini malah lebih parah karena dasarnya tidak disemen dan air pembungan langsung mersap kedalam tanah
Baca Juga: Cara Membuat Septic tank sesuai kapasitas

Septic tank konvesional sangat tidak ramah lingkungan sehingga sangat dimungkinkan akan mengkontaminasi sumber air bersih dibawahnya, walaupun tanah mempunya daya saring yang baik tetapi jika hanya menggunakan proses alamiah tetap tidak akan menyaring bersih air yang terkontaminasi bakteri , apalagi penggunaan dikota yang padat dan sering banjir dapat dibayangkan bagaimana kualitas air dan tanah diwilayah tersebut.
Septic tank konvesional sangat tidak ramah lingkungan sudah harus ditinggalkan dan beralih ke jenis septic tank biotech yang canggih dan ramah lingkungan.


Septic tank biotech ramah Lingkungan


gambar diatas adalah contoh septic tank biotech atau septic tank biofilter yang menggunakan penyaringan sebelum air pembuangan dialirkan keselokan sehingga lebih bersih, sehat dan ramah lingkungan.

Septic tank bio ini dibuat karena kebutuhan masyarakat karena dirasa cukup ambuh untuk mengatasi pencemaran lingkungan terutama air tanah, dengan kelebihan yang dimiliki yaitu munggunakan system biofiltrasi sehingga mampu menyaring air kotoran dari tinja menjadi lebih baik untuk lingkungan dan tidak bau.

Tips memilih septic tank biotech yang baik


Hemat tempat atau lahan
Septic tank biotech mempunyai ukuran yang berbeda-beda pilihlah yang sesuai dengan keadaan lahan kita dan penghuni rumah sehingga tidak memakan lahan rumah kita ,septictank biotech juga lebih ringkas ukurannya daripada septic tank konvensional sehingga tidak begitu banyak memakan lahan.

Berbahan kuat dan dilengkapi dengan system  disinfectan
Bahan dasar yang bagus sebaiknya dipilih yang menggunakan material  HDPE dan PVC anti korosif bahan ini sudah banyak digunakan untuk septic tank biotech, dan yang juga harus diperhatikan adalah biotech dilengkapi dengan disinfectan atau clorin yaitu cairan kimia yang berfungsi menetralisir kuman sehingga cairan ini berfungsi untuk menjernihkan air dan menghilangkan bau pada kotoran.

Mempunyai garansi yang panjang

Semua orang pasti suka dengan produk bergaransi begitu juga dalam membeli septic tank biotech, belilah yang mempunyai garansi sekitar 10 tahun. Sehingga ketika baru dipakai beberapa bulan kemudian mampet maka kita bisa complain.

Harga septitank biotech

Untuk harga septic tank sangat bervariasi sesuai dengan volume daya tamping dan ukurannya. Jika untuk industry biasanya menggunakan yang besar tetapi untuk domestic atau rumah tangga cukup beli yang ukuran kecil atau sedang menyesuaikan kebutuhan rumah tangga.

KAPASITAS
DIMENSI
VOLUME
HARGA
2-4 ORANG

800 L
4.900.000
4-6 ORANG

1.200 L
5.900.000
6-8 ORANG

1.800 L
6.500.000
15-25 ORANG

5.000 L
39.000.00
25-35 ORANG

7.000 L
43.000.000





NB: Harga diatas adalah harga perkiraan yang diambil dari berbagai sumber dan bisa jadi berbeda di setiap kota.

Demikianlah artikel kami mengenai  Mengenal septic tank biotech yang ramah lingkungan semoga dapat bermanfaat bagi kita semua dan yang pasti ramah lingkungan.


Artikel Terkait

Previous
Next Post »