Desain kamar mandi dan kloset yang baik menurut islam

Desai kamar mandi dan kloset yang baik menurut islam mungkin sebagian orang posisi kloset dalam kamar mandi tidaklah begitu penting tetapi bagi seorang muslim menentukan posisi kloset sangat penting sebelum membangun, setiap rumah idealnya mempunyai kamar mandi sendiri dan toilet pribadi karena hampir 24 jam kegiatan kita tidak bisa dipisahkan dari kamar mandi apalagi seorang muslim yang selalu melakukan wudhu 5 kali dalam  satuhari.

Aktivitas yang begitu banyak dikamar mandi  menjadikan ruangan kamar mandi begitu penting.

Untuk kita rencanakan secara khusus dalam pembuatannya, Banyak hadist Nabi yang melarang kita berlama-lama didalam kamar mandi dan dianjurkan untuk berdoa dikamar mandi.

Untuk tipe rumah-rumah di Indonesia biasanya menyenangi model kamar mandi basah dikarenakan budaya di Indonesia terbiasa dengan pemakain air dan tidak menggunakan tissue di  klosetnya, dan untuk penggunaan aktivitas wudhu, mandi , thaharah dan sebainya biasanya menggunakan sarana air.

Kita harus menjaga dan menaruh perhatian lebih dikamar mandi agar tetap higienis dan sehat.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk kamar mandi dan kloset yang berdesain islami

Ilustrasi desain kamar mandi islami

  1. Sirkulasi sangatlah penting dalm membangun kamar mandi agar tidak pengap dan sirkulasi udara dapat mengalir secara alami agar sirkulasi udara didalam kamar mandi tetap menyegarkan dan sehat.
  2. Penerangan juga harus diperhatikan, pasanglah lampu yang terang dikamar mandi agar suasana yang diciptakan sesuai dengan keinginan kita dan pastinya tidak horror.
  3. Tata letak juga harus diperhatikan agar saat masuk kamar mandi tidak berantakan dan terlihat nyaman misalnya jika kita mempunyai tanah yang sedikit luas maka disarankan membangun kamar mandi agak luas pula dan kita bebas mengatur tata letaknya misalnya pintu dan kloset tidak berhadapan langsung sehingga saat membuka pintu kloset tidak terlihat langsung, pintu kamar mandi tidak berhadapan langsung dengan dapur agar tidak mengganggu saat memasak.
  4. Untuk arah kloset sendiri dalam bagi seorang muslim tidaklah menghadap langsung atau mengarah kekiblat dan membelakanginya.sebagai bentuk kita menghormati arah kabbah atau kiblat sebagai arah sholat orang muslim.
  5. Sebaiknya kamar mandi utama mempunya kamar mandi sendiri sehingga saat ada tamu tidak perlu merapikan kamar mandi utama karena terpisah dari kamar mandi pribadi. 
  6. Memisahkan kran tersendiri untuk wudhu juga akan menambah kenyamanan kita dan memasstikan air yang kita gunakan tetap bersih.

Jika anda mempunya dana yang cukup sebaiknya keramik dan lantai juga pilih yang berwarna terang karena akan mempengaruhi suasana kamar mandi kita dan saran kami adalah menggunakan warna putih,bisa juga menggunakan batuan alam seperti granit atau marmer agar menjagikan kamar mandi terlihat menyenangkan.

Perencanaan yang baik dan minimalis disesuaikan dengan dana kita akan membuat kamar mandi kita lebih menyenangkan dan nyaman.

Pastikan agar selalu menjaga kebersihan kamar mandi dan tidak membiasakan kamar mandi berantakan agar tetap terlihat enak dipandang,letakkanlah barang-barang yang memang diperlukan dikamar mandi dan selebihnya bisa dikeluarkan atau disimpan di gudang.

Demikian artikel tentang Desai kamar mandi dan kloset yang baik menurut islam semoga bermanfaat dan dapat dijadikan referensi.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »