Cara Membuat Septic tank yang baik dan benar sesuai kapasitas

Septic tank yang baik dan benar sesuai kapasitas – rumah yang baik adalah rumah yang memiliki septic tank mandiri dan memenuhi standar kualitas yang baik.Walau terlihat sepele pada dasarnya pembuatan septic tank mempunyai aturan main sendiri seperti yang sebelumya kami bahas. Seperti apa septi tank yang baik ?

Cara mudah membuat septitank yang baik adalah berdasarkan kapasitas penghuni rumah,misalnya kita mengambil ukuran jumlah keluarga dalam rumah sesui dalam program pemerintah yaitu sekitar 4 orang yang terdiri dari 2 orang tua dan 2 orang anak cukup (kok malah iklan .hehe)


Cara menghitung kapasitas septitank rumah

contoh septic tank

Baiklah agar tidak bertele-tele kita akan membuat septitan yang baik berdasarkan rumus matematika dasar.

Menghitung kebutuhan air

Walaupun yang menetap hanya 4 orang kita juga harus menghitung jika sewaktu-waktu ada saudara yang datang dari jauh dan menginap apalagi yang datang adalah keluarga besar jadi tetap harus dihitung ya untuk antisipasi kita buat 4 orang + 12 orang yang mungkin menginap dirumah atau sekedar berkunjung, jadi kita membuat untuk 16 orang.

BACA JUGA : HARGA CLOSED DUDUK DAN CLOSED JONGKOK

Sesuai dengan standar penggunaan air per orang setiap hari memutuhkan sekitar 25 liter, dan membutuhkan waktu sekitar 3 hari untuk pembusukan.
Jadi perhitungannya adalah 16 x 25 x 3 = 1200 liter
Tinggi rencana septic tank = 2,5 M
Tinggi muka air 2/3 x 2,5 =1,7 M
(septitank harus mempunyai ruang udara sekitar 1/3 bagian dari keseluran tinggi septitank)

Menghitung alas septic tank

Luas = volume / tinggi muka air = 1,2/1,7 = 0,7 M2
Setelah itu barulah kita mendapat menghitung keseluruhan Ukuran panjang dan lebar septic tank
Kita asumsikan panjangnya 1 M dan Lebar 0,7
Sehingga jumlah total adalah

P = 1 M
L = 0,7 M
T = 2,5 M

Septic tank yang baik dan benar


Separti yang sudah kami ulas di artikel sebelumnya ada beberapa pedoman yang harus kita ikuti

  1. Septic tank dibuat dengan melihat letak sumur kita sumur gali maupun sumur bor yaitu sekitar 10 M dari sumur kita maupun sumur tetangga agar air resapan tidak mengganggu dengan air sumur kita
  2. Agar septitank dapat bertahan lama maka saluran pembuangan harus dialirkan keselokan rumah atau jika tidak ada selokan maka harus dibuatkan sumur resapan terpisah dan tidak bercampur dengan septitank.
  3. Sirkulasi udara sangat penting untuk menjaga agar bakteri yang ada tetap hidup sehingga septitank harus dibuat ventilasi udara dan jangan dibuat tertup rapat.


Nah sekarang sudah taukan cara membuat septitank jadi kita tidak lagi membuat septitank asal-asalan dan akhirnya harus keluar uang lebih untuk menguras wc kita.

Demikianlah artikel kami tentang Cara Membuat Septic tank yang baik dan benar sesuai kapasitas

Semoga bermanfaat dan mari jaga lingkungan kita agar terbebas dari penyakit.

Artikel Terkait

Latest
Previous
Next Post »